Tips menggunakan fitur hashtag yang baik dan benar

Tips menggunakan fitur hashtag yang baik dan benar

Techno.id - Dewasa ini fitur hashtag di berbagai situs media sosial terlihat semakin diminati oleh para penggunanya. Hal ini dapat dilihat dari beberapa situs media sosial populer seperti Instagram dan Facebook yang juga mulai mempopulerkan fitur berbentuk tagar ini.

Sekadar informasi bahwa fitur yang dipelopori oleh situs micro-blogging Twitter ini berfungsi untuk membantu pengguna dalam menemukan suatu konten yang lebih spesifik dan lebih tepat sasaran. Cara menggunakan hashtag juga sangat mudah yaitu dengan menambahkan tagar di awal kata kunci (contoh: #Twitter).

Cara kerja fitur ini pada umumnya juga sangat sederhana. Setelah selesai menulis suatu kata kunci yang dilengkapi dengan hashtag di awal kata, kata kunci tersebut akan berubah menjadi sebuah hyperlink secara otomatis. Ketika pengguna mengklik link pada kata kunci tersebut, maka akan muncul semua berita terkait yang tersedia di situs media sosial tersebut.

Mengapa hashtag?

Menurut situs SocialMediaToday.com, ada tiga alasan mengapa pengguna menggunakan hashtag di situs media sosial. Pertama adalah para pengguna memang menyukai fitur ini. Kedua adalah hashtag dapat menghubungkan pengguna ke topik-topik trendi atau terbaru. Ketiga adalah dapat digunakan secara universal (bisnis, kesenangan, sosial).

Hashtag untuk berbisnis

Jika melihat fungsi utama dari hashtag dan setiap situs media sosial yang memiliki cara tersendiri dalam menampilkannya, maka fitur ini juga cukup berpotensi membangun sebuah brand untuk bisnis. Salah satu contohnya adalah fitur hashtag di media sosial Instagram yang cukup ideal untuk bisnis yang terhubung dengan pelanggan yang lebih suka mencari produk melalui gambar.

Menciptakan brand dengan hashtag

Untuk membuat sebuah brand dengan hashtag, langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan hashtag yang sifatnya berbeda atau belum pernah digunakan sebelumnya. Dengan begitu persaingan hashtag akan lebih kecil. Di samping itu, memanfaatkan situs layanan online gratis seperti hashtag.org atau twubs.com untuk mencari kata kunci hashtag yang sekiranya dapat menarik perhatian dan bersifat unik atau (tidak umum) juga akan lebih membantu.

Tips menggunakan hashtag

Jika hashtag untuk brand pribadi sudah dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemasaran yang tepat. Situs SocialMediaToday.com juga telah merangkum dua tips sederhana bagaimana menggunakan fitur hashtag yang baik dan benar.

Tips pertama adalah tidak menggunakan hashtag secara berlebihan (tak lebih dari tiga hashtag) dalam satu berita karena akan dianggap spam. Sedangkan tips kedua adalah gunakan hashtag hanya pada situs yang memiliki fitur hyperlink otomatis pada hashtag.

Pada umumnya, hashtag pada bisnis adalah untuk menghubungkan brand bisnis Anda dengan orang lain melalui hashtag yang sama. Tentunya hashtag pada bisnis akan jauh lebih efektif karena memberikan informasi yang saling relevan di antara produsen dan konsumen.

(brl/red)