Virus sudah hadir sejak bayi dilahirkan

Virus sudah hadir sejak bayi dilahirkan

Techno.id - Dunia sains dikejutkan dengan keberadaan virus yang telah bersemayam di dalam usus bayi yang baru dilahirkan. Temuan ini sudah diteliti dan hasilnya telah dipublikasikan di Nature Medicine.

Dalam penelitian tersebut melaporkan bahwa terdapat delapan bayi sehat yang mempunyai sejumlah virus di dalam ususnya. Para ilmuwan mengetahui hal tersebut setelah mereka menganalisis sampel tinja dari sang bayi.

"Kami baru memahami interaksi antara semua jenis kehidupan di dalam usus kita. Kami juga melihat, ternyata virus di dalam usus bayi lebih dinamis ketimbang usus orang dewasa," kata penulis senior, Lori R. Holtz.

Yang lebih mengejutkan para peneliti, tinja yang digunakan untuk sampel itu diambil dari bayi berusia 1-4 hari. Namun, dari usia sedini itu, virus sudah hadir menempati usus bayi, seakan menempati rumah baru, sebagaimana yang dilansir oleh ScienceDaily (14/9/15).

"Kami terkejut karena sejak awal berbagai jenis virus sudah ditemukan dalam usus," ujar Holtz. Sekarang, yang menjadi pertanyaan dari mana virus itu berasal?

Sampai saat ini, para peneliti belum tahu asal mula virus tersebut bisa singgah di dalam usus bayi. Namun, keterangan sejumlah ilmuwan menyebutkan bahwa kelihatannya virus itu berasal dari lingkungan atau mungkin saja dari orang tuanya sendiri.

(brl/red)