Ilmuwan ungkap rencana mentransplantasikan organ babi ke manusia

Ilmuwan ungkap rencana mentransplantasikan organ babi ke manusia

Techno.id - Sekelompok ilmuwan asal University of Pittsburg, Amerika, kabarnya berencana untuk melakukan program transplantasi organ antar spesies atau biasa dikenal dengan istilah xenotransplantasi dari babi ke manusia. Ide gila itu muncul setelah percobaan xenotransplantasi sel jaringan hati dari babi ke primata berjenis babon, yang diklaim memiliki kemiripan dengan anatomi manusia berhasil dilakukan.

Seperti dilansir oleh Gizmodo (14/8/15), organ hati babi yang ditransplantasikan tersebut dilaporkan mampu bertahan hingga lebih dari empat bulan di tubuh babon. Hasil ini menurut para peneliti sudah cukup memuaskan dan menguatkan dugaan para peneliti bahwa kemungkinan besar organ hati babi nantinya bisa jadi alternatif untuk proses transplantasi organ ke manusia. Menurut peneliti, penemuan ini juga akan menambah daftar panjang keberhasilan xenotransplantasi katup jantung babi yang telah digunakan dalam operasi jantung manusia selama bertahun-tahun.

Kendati demikian, beberapa pakar terutama ahli medis sangat menentang hasil temuan ini. Pasalnya, meski pada percobaan terhadap babon ini berhasil, belum tentu penerapan xenotransplantasi organ hati babi ke manusia bakal sukses.

Para pakar medis beranggapan meski memiliki sel jaringan yang hampir serupa, namun akan ada beberapa masalah yang menyebabkan xenotransplantasi bisa gagal, seperti ketidakmampuan organ babi yang ditransplantasikan beradaptasi dengan struktur jaringan manusia sehingga menyebabkan kematian. Lebih lanjut para pakar media mengungkapkan, banyak contoh penerapan xenotransplantasi yang telah gagal di dunia ini, salah satunya adalah xenotransplantasi yang terjadi pada tahun 1992 di Los Angeles di mana kala itu seorang wanita meninggal pasca 34 jam menerima transplantasi organ hati dari babi.

(brl/red)