CONNECT WITH US
Erick |
 20 April 2016 06:00

Ternyata urin juga bisa digunakan sebagai sumber energi

Para ilmuwan di Inggris tengah mengembangkan sebuah baterai yang mengandalkan urin sebagai sumber energi.

Ternyata urin juga bisa digunakan sebagai sumber energi

Techno.id - Telah banyak ilmuwan yang mengembangkan sumber energi dari bahan yang mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya. Contohnya adalah seperti yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Queen Mary University of London dan Bristol Bioenergy Centre ini.

Seperti yang telah diberitakan oleh Gizmag pada hari Senin (18/04/16) lalu, para ilmuwan tersebut tengah mengembangkan microbial fuel cell (MCF) yang memanfaatkan bakteri dari urin. Ya, banyak orang berpikir bahwa urin memiliki kandungan bakteri yang cukup banyak, namun di tangan para ilmuwan dari Inggris tersebut, air seni bisa diolah menjadi sumber energi yang sangat berguna bagi masyarakat.

MCF adalah sebuah alat untuk memanfaatkan bakteri untuk mereduksi atau menghasilkan oksidasi pada material organik seperti kulit pisang, dan dalam hal ini, urin. Ketika terjadi reaksi, elektron dipisahkan dari molekul dan saat itulah energi listrik terbentuk.

Baterai bertenaga urin
© 2016 gizmag.com/gizmag.com

Reaksi tersebut kemudian dikonsentrasikan pada sebuah sistem tertutup yang memiliki kutub anoda dan katoda, atau dengan kata lain, seperti yang bisa Anda temui pada sebuah baterai. Beberapa waktu lalu bahkan para peneliti dari Netherland telah mendemonstrasikan baterai yang menggunakan prinsip bakteri yang sama, dan bisa diisi ulang hingga beberapa kali.

Keuntungan dari metode ini adalah, urin bisa didapat dari mana saja secara gratis, yang artinya, akan memangkas biaya produksi dengan cukup signifikan. Tak perlu lagi menunggu proses daur ulang seperti ketika menggunakan bakteri dari sisa makanan seperti metode sebelumnya.

Apakah penemuan ini akan memberikan sebuah perubahan besar pada sumber-sumber energi yang dibutuhkan masyarakat di masa yang akan datang? Bagaimana menurut Anda sendiri?

WHAT TO READ NEXT ?