Toshiba tarik 100.000 baterai laptop dari peredaran, ada apa?

Toshiba tarik 100.000 baterai laptop dari peredaran, ada apa?

Techno.id - Bicara soal laptop, selama ini, nama Toshiba dikenal sebagai salah satu yang terbaik. Namun baru-baru saja, produsen asal Jepang itu kabarnya tengah menarik sekitar 100.000 baterai laptop dari peredaran. Ada apa?

Mengutip laman Gizmodo (31/03), baterai buatan Panasonic yang digunakan di sejumlah laptop Toshiba dilaporkan mudah panas (overheating). Celakanya, overheating ini bahkan dianggap berpotensi menyebabkan kebakaran.

Menurut sumber tersebut, setidaknya ada sekitar 39 model laptop Toshiba yang ditarik ulang. Mereka berasal dari keluarga Satellite, Portege dan Tecra, yang tersebar di wilayah Amerika Serikat dan Kanada.

Toshiba tarik 100.000 baterai laptop dari peredaran, ada apa?

Kode baterai laptop Toshiba yang ditarik dari peredaran
2016 Gizmodo

Seperti tampak pada gambar di atas, baterai-baterai bermasalah yang ditarik ditandai dengan kode G71C. Jika konsumen merasa memiliki baterai tersebut, maka mereka dapat segera menukarnya ke pihak Toshiba secara cuma-cuma.

Gejala overheating ini sendiri mulai ditemukan saat kondisi baterai laptop Toshiba tengah terhubung dengan charger. Untungnya, sejauh ini tidak ada laporan terkait jumlah korban kecelakaan.

(brl/red)