CONNECT WITH US
Erick |
 14 April 2016 06:00

Ganti tipe baterai, Tesla Model X tambah jarak tempuh

Berapa kelebihan jarak tempuh yang mampu dicapai oleh Tesla dengan baterai terbarunya?

Ganti tipe baterai, Tesla Model X tambah jarak tempuh

Techno.id - Berita seputar Tesla Model X telah lama beredar sejak tahun lalu. Kini, perusahaan di bawah pimpinan Elon Musk tersebut telah memperbarui sektor sumber tenaga kendaraan elektrik tersebut. Komponen mana yang diganti?

Sama seperti smart device lainnya, baterai merupakan komponen yang amat penting bagi Tesla. Sebagai kendaraan bermesin elektrik, ia juga takkan bisa berjalan jauh tanpa baterai yang memiliki kapasitas besar. Hal inilah yang kemudian diperbarui oleh Tesla.

Tesla Model X
© 2016 blog.caranddriver.com/blog.caranddriver.com

Upgrade kapasitas baterai tersebut sama dengan yang dilakukan Tesla pada Model 3 keluaran terbaru, serta Model S. Baterai terbaru tersebut bernama 75D, yang berkapasitas 75kWh. Baterai ini adalah pengganti tipe lama yaitu 70D yang hanya mengusung kapasitas 70kWh saja.

Pihak Tesla memang telah mengatakan sebelumnya bahwa kendaraannya mampu dipacu dari 0-100km/h hanya dalam waktu 6 detik saja. Sedangkan kecepatan puncak yang bisa diraih adalah 209km/h tergantung kondisi jalan. Namun ternyata baterai baru Tesla Model X ini tak berpengaruh pada performa maupun kecepatan putaran mesin.

Penambahan kapasitas baterai tersebut hanya berpengaruh pada durasi saat digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Dengan baterai tipe terbaru ini, jarak tempuh Tesla bertambah lebih kurang 27km, tentu saja tergantung kondisi jalan.

 

WHAT TO READ NEXT ?