CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 21 September 2015 14:00

Ternyata sabun antiseptik tak mempan "bunuh" kuman di kulit

Setidaknya butuh waktu penggunaan selama 9 jam terus menerus tuntuk membasmi kuman dengan sabun antiseptik.

Ternyata sabun antiseptik tak mempan

Techno.id - Tahukah Anda, membersihkan kulit dengan sabun antiseptik sebenarnya tidak dapat membersihkan tangan dari kuman atau bakteri? Ya, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Antimicrobial Chemotherapy, sabun antispetik terutama yang mengandung triclosan hanya sekadar menghilangkan kuman tak berbahaya sedangkan kuman-kuman yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya tidak bisa "dibunuh" dengan penggunaan sabun antiseptik saja.

"Penelitian kami menemukan jika adanya triclosan dalam sabun antiseptik tak menjamin kulit bebas kuman," jelas Min-Suk Rhee seperti dilansir oleh Softpedia (17/9/15).

Rhee menambahkan penggunaan sabun antispetik untuk membunuh kuman, terutama kuman berbahaya di kulit bisa dilakukan jika proses pencucian bagian tubuh dilakukan dalam kurun waktu minimal 9 jam secara terus menerus. Ya, menurut Rhee, triclosan dalam sabun antiseptik butuh waktu yang cukup lama untuk membunuh kuman di kulit, terlebih jika kuman yang ingin dibasmi adalah kuman yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya.

Untuk itu, Rhee menyarankan supaya produsen sabun antiseptik menyertakan bukti ilmiah pendukung pada produknya sebelum dengan yakin mengklaim produknya dapat membunuh semua kuman di kulit terutama dalam waktu yang singkat.

WHAT TO READ NEXT ?