Waspada, orang gemuk lebih rentan terserang tumor otak!

Waspada, orang gemuk lebih rentan terserang tumor otak!

Techno.id - Ternyata, orang gemuk atau kelebihan berat badan lebih rentan terserang tumor otak. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Neurology, 21 persen orang dengan kelebihan berat badan didiagnosis rentan mengidap tumor otak yang disebut meningioma.

Sekadar informasi, meningioma sendiri merupakan tumor yang timbul dari meninges yakni selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Meningioma sebenarnya tak tergolong tumor jahat, akan tetapi jika Anda menganut gaya hidup kurang sehat maka tumor ini bakal berubah menjadi tumor ganas.

Menurut penelitian, tingginya risiko orang berbadan gemuk terserang meningioma tak lepas dari berlebihannya akumulasi lemak yang tertimbun dalam tubuh. Semakin banyak lemak yang tertimbun, maka secara otomatis kadar esterogen dalam tubuh bakal meningkat. Peningkatan kadar esterogen inilah yang disebut-sebut sebagai salah satu penyebab pertumbuhan tumor jenis ini.

Seperti dikutip dari Softpedia (16/9/15), orang dengan Bodi Mass Index alias BMI lebih dari 30 kabarnya 54 persen lebih rentan terserang tumor otak meningioma. Untuk itu, Gundula Behrens selaku anggota tim peneliti sangat menyarankan diet ketat kepada orang dengan kelebihan berat badan supaya risiko terserang tumor otak dapat dikurangi bahkan dihindari.

(brl/red)