Dapat berubah warna, helm ini bisa indikasikan cedera pada kepala

Dapat berubah warna, helm ini bisa indikasikan cedera pada kepala

Techno.id - Helm memang dikenal sebagai salah satu perangkat yang berguna untuk melindungi kepala Anda dari cedera. Alih-alih hanya melindungi kepala dari cedera, helm satu ini ternyata bisa memberitahu jika terjadi cedera yang cukup parah pada kepala Anda dengan berubah warna.

Helm rancangan para peneliti dari University of Pennsylvania ini dapat berganti warna tergantung seberapa parah cedera yang kepala Anda alami. Dikutip dari Engadget (16/8/15), perubahan warna tersebut akibat bahan baku polimer dari helm yang dirancang para peneliti ini.

Ya, para peneliti menggunakan bahan baku khusus yakni hologram litografi yang mengandung kristal fotonik. Hologram tersebut dapat beraksi secara alami dengan berubah warna ketika ada bagian otak yang mengalami cedera. Menariknya, hologram litografi ini tak memerlukan listrik sama sekali dan cukup ringan sehingga cocok digunakan sebagai bahan baku helm.

Meski proses pembuatan hologram berbahan dasar kristal ini sebenarnya memerlukan waktu yang cukup lama dan rumit, namun para peneliti ini berhasil menemukan cara yang lebih mudah sehingga memungkinkan bahan bisa diproduksi secara massal untuk bahan baku helm. Ke depannya, para peneliti berharap helm ciptaannya ini bisa digunakan secara luas terutama untuk ranah olahraga.

(brl/red)