Ternyata kandungan pada sabun antiseptik bisa sebabkan kanker

Ternyata kandungan pada sabun antiseptik bisa sebabkan kanker

Techno.id - Sebuah penelitian yang digagas oleh ilmuwan dari University of California, San Diego tahun lalu berhasil mengungkapkan temuan yang amat mengejutkan. Temuan itu menyebabkan jika salah satu bahan pada sabun antiseptik kabarnya bisa menyebabkan penyakit kanker.

Ya, bahan kimia yang disebut triclosan kabarnya bisa menyebabkan penyakit kanker bahkan pembentukan jaringan fibriosa yang dapat merusak fungsi sel pada hati manusia. Seperti dilansir oleh Softpedia, bahan dengan nama kimia 2,4-Dichlorophenoxy tersebut kabarnya bisa menyebabkan penyakit kanker jika digunakan dalam jumlah yang besar dan dalam jangka waktu lama.

Dalam percobaan laboratorium yang dilakukan oleh tim peneliti ditemukan jika penggunaan triclosan secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan tumor berkembang dengan cepat. Jika digunakan dalam jangka waktu yang lama dan dalam jumlah yang banyak triclosan dapat mempercepat pertumbuhan tumor terutama jaringan abnormal dalam tubuh.

Pasca dipublikasikannya temuan ini, badan pengawas obat dan makanan Amerika alias US FDA dilaporkan tengah menyelidiki penggunaan bahan triclosan pada beberapa produk, terutama masalah takaran penggunaan bahan pada suatu produk. US FDA kabarnya menyarankan pengurangan takaran triclosan dalam sabun, supaya paparan negatif yang disebabkan senyawa kimia tersebut tak membahayakan pengguna lagi.

(brl/red)