Kafein kacaukan jam alamiah tubuh, menurut riset

Kafein kacaukan jam alamiah tubuh, menurut riset

Techno.id - Mungkin Anda sudah sering mendengar riset terkait dampak negatif dari konsumsi kafein. Kali ini, ada studi terbaru yang membuktikan kalau kafein tak hanya "memaksa" tubuh untuk terus terjaga, tetapi juga mempengaruhi jam biologis tubuh manusia.

Seperti dikutip dari LiveScience.com (16/09/15), dalam studi ini, ada lima orang yang dijadikan sampel. Kelima partisipan yang berada dalam kondisi sehat itu diminta menginap selama dua malam di laboratorium dan dipantau tingkat melatoninnya, alias hormon yang meningkat pada malam hari dan dijadikan indikator jam alami tubuh.

Tiga jam sebelum waktu tidur, para partisipan itu meminum pil yang memiliki kandungan kafein setara dengan dua gelas espresso dan malam selanjutnya mengonsumsi placebo.

Ternyata, pil kafein itu terbukti dapat menunda tubuh partisipan untuk melepaskan melatonin selama 40 menit. Alhasil, waktu malam pada biologis tubuh pun bergeser.

Dengan adanya temuan ini, sebaiknya mengonsumsi kafein tak lagi menjadi agenda mereka yang susah terlelap di malam hari. Namun, dampak kafein yang mampu mengubah jam biologis tubuh ini diduga berguna untuk membantu mengurangi dampak jet lag, tepatnya bagi orang-orang yang bepergian dari bagian timur Bumi ke bagian barat. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan hal itu serta menentukan dosis kafein yang diperlukan tubuh.

(brl/red)