Bunga mawar ini tumbuh saat disengat listrik

Bunga mawar ini tumbuh saat disengat listrik

Techno.id - Bunga mawar dapat tumbuh ketika mendapat energi dari air dan matahari. Selain itu, bunga mawar juga lebih cepat tumbuh saat diberikan pupuk. Namun, bunga mawar yang ditanam oleh tim peneliti di Linkping University tak demikian. Bunga hasil penelitian mereka dapat tumbuh ketika terkena aliran listrik.

Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Magnus Berggren dan telah diterbitkan di Jurnal Science Advances ini memungkinkan sekuntum bunga mawar dapat tumbuh menggunakan sirkuit elektronik. Bahkan, proses fotosintesisnya berpotensi digunakan sebagai pembangkit listrik.

Bunga mawar ini tumbuh saat disengat listrik

Sejauh ini, penelitian menumbuhkan bunga mawar dengan sirkuit elektronik memang belum selesai. Namun, tim peneliti sudah mampu mengubah rona daun mawar menggunakan sengatan arus listrik, seperti yang disadur dari Cnet (22/11/2015).

Sebelum prosesnya sampai seperti sekarang, para peneliti kebingungan bagaimana menyematkan kabel pada tanaman. Akhirnya, setelah berpikir lama, mereka memutuskan untuk menggunakan polimer konduktif yang disebut PEDOT-S:H. Polimer yang telah dilarutkan dalam air ini terlihat begitu mudah terserap ke tubuh tanaman.

Meski membutuhkan waktu yang lama dalam proses penyerapan, namun polimer jenis ini dapat berubah menjadi film tipis dalam xilem (pembuluh kayu) dan membentuk kawat solid sepanjang 10cm. Bahkan, walaupun sudah dilapisi oleh film tipis dari polimer, xilem tetap dapat menyerap air dan nutrisi seperti tumbuhan pada umumnya.

"Sekarang kita benar-benar dapat mulai berbicara tentang pembangkit listrik. Kita dapat menempatkan sensor pada tanaman dan menggunakan energi yang terbentuk di klorofil untuk memproduksi antena hijau atau menghasilkan bahan baru. Semuanya terjadi secara alami, dan kami menggunakan tanaman sendiri dengan sistem yang sangat unik," kata Berggren.

(brl/red)