Terlalu banyak tidur tak baik bagi kesehatan

Terlalu banyak tidur tak baik bagi kesehatan

Techno.id - Banyak dokter kesehatan yang menyarankan kepada semua orang agar tidur delapan jam sehari. Pasalnya, tidur delapan jam dapat membuat jantung menjadi lebih sehat. Namun, baru-baru ini terdapat penelitian terbaru yang mengatakan bahwa terlalu banyak tidur juga tak baik bagi kesehatan.

Penelitian yang dipimpin oleh Patricia M.Wong dari University of Pittsburgh ini telah melakukan percobaan pada 450 pria dan wanita selama satu minggu. Dari jumlah tersebut, didapati hampir 85 persen peserta menghabiskan akhir pekannya dengan melakukan tidur, seperti yang disadur dari Lifehacker (23/11/2015).

Kemudian, para peneliti mengambil kesimpulan bahwa orang yang sering menghabiskan waktu akhir pekan untuk tidur dan menghabiskan hari biasa untuk bekerja (kurang tidur), diperkirakan mempunyai tingkat HDL yang rendah.

(HDL) High-density lipoprotein merupakan kolesterol baik yang dapat melindungi seseorang terkena serangan jantung dan stroke. Namun, jika seseorang memiliki HDL yang rendah maka dia lebih berisiko terkena penyakit jantung.

Patricia menambahkan, penelitian ini belum jelas mengapa tidur terlalu banyak di akhir pekan menyebabkan tingkat HDL menjadi rendah. namun yang pasti, setiap orang harus menyeimbangkan antara porsi kerja dan porsi tidur agar jantung Anda menjadi lebih sehat.

(brl/red)