CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 23 November 2015 10:00

Ternyata burung ini bisa mendeteksi kanker payudara

Padahal untuk keahlian mendeteksi tersebut dipelajari manusia selama kurun waktu yang lama.

Ternyata burung ini bisa mendeteksi kanker payudara

Techno.id - Siapa yang menyangka jika burung merpati bisa mendeteksi kanker payudara, hal ini dikatakan mengejutkan para ilmuwan ternyata burung ini dapat diajarkan kanker payudara jinak atau ganas di scan mammogram dan slide biopsi, seperti yang dilansir oleh Mirror.co.uk.

Padahal, petugas medis harus mempelajari hal tersebut dengan waktu yang lama. Namun burung merpati dikatakan dapat mempelajarinya selama dua minggu dengan ketepatan 85 persen di semua kasus.

"Dengan pelatihan dan penguatan makanan, merpati dapat melakukan apa yang dilakukan manusia," ujar Prof Richard Levenson seperti yang dikutip dari Mirror.co.uk.

Tidak hanya itu, merpati juga dikatakan memiliki kemampuan seperti ahli radiologi, pasalnya burung ini dapat mendeteksi bintik kalsifikasi mikroskopis pada mammogram yang merupakan awal tanda dari kanker.

Dengan adanya temuan ini, Prof Levenson dari University of California berpendapat jika merpati sangat bisa memainkan peran dalam pengembangan prosedur diagnostik yang baru.

WHAT TO READ NEXT ?