Buang sampah ke dalam kawah gunung berapi, bisakah?

Buang sampah ke dalam kawah gunung berapi, bisakah?

Techno.id - Sampah adalah salah satu polemik dunia. Dalam setiap tahunnya, penduduk dunia memproduksi setidaknya hampir 3 triliun ton sampah. Bagaimana cara menanggulanginya?

Banyak cara yang bisa dilakukan sebenarnya. Namun sebuah wacana baru telah muncul ke permukaan. Seperti yang telah diberitakan oleh Popular Science pada hari Sabtu (21/11/15) lalu, sebuah cara untuk menanggulangi masalah sampah mendapat sedikit titik terang.

Meski hanya sebuah wacana, namun hal ini kemudian menjadi pertimbangan banyak orang, termasuk para ilmuwan. Sampah-sampah tersebut bisa dibuang ke kawah gunung berapi.

Buang sampah ke dalam kawah gunung berapi, bisakah?

Logikanya, kawah gunung berapi yang masih aktif akan melebur sampah atau benda apapun yang masuk ke dalamnya. Permasalahannya adalah, lokasi gunung berapi yang masih aktif sulit dijangkau. Membuang sampah ke sana akan menghabiskan banyak bahan bakar, dan otomatis juga bisa dibilang sebagai pemborosan.

Masalah lain yang juga penting untuk dipertimbangkan adalah, tak semua sampah bisa dimasukkan dalam kawah gunung berapi. Beberapa benda yang memiliki senyawa tertentu justru akan memicu erupsi saat dilemparkan ke dalam kawah.

Tak hanya itu, beberapa gunung berapi yang masih aktif juga terkadang memuntahkan magma ke permukaan. Artinya, jika Anda berada di jarak yang sangat dekat saat membuang sampah dan gunung tersebut sedang memuntahkan magmanya, maka boom! You're history!

Nah jika Anda kesulitan membayangkan bagaimana jadinya jika sebuah benda dimasukkan dalam lava dan menimbulkan ledakan, tonton saja video berikut ini...

(brl/red)