Bagaimana cara hormon membuat Anda merasa lapar dan kenyang?

Bagaimana cara hormon membuat Anda merasa lapar dan kenyang?

Techno.id - Setiap manusia membutuhkan asupan makanan untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, Anda dianjurkan makan sehari tiga kali. Hal ini dimaksudkan agar Anda dapat beraktivitas dengan baik. Berbicara tentang makan, tahukah Anda bagaimana Anda dapat merasakan lapar dan kenyang?

Menurut laporan dari Gizmodo (25/9/15), tubuh mempunyai sistem yang kompleks untuk mengatur asupan makanan. Terutama bagian otak, karena di dalam otak terdapat sel-sel saraf hipotalamus yang dapat menghasilkan sensasi lapar.

Hipotalamus dapat mengetahui tubuh sedang lapar atau tidak berkat adanya dua protein yang dia produksi. Dua protein yang menyebabkan rasa lapar ini adalah neuropeptide Y (NPY) dan agouti-related peptide (AGRP).

Di dekat sel-sel saraf hipotalamus terdapat sel-sel saraf lain yang bertugas membuat tubuh merasa kenyang. Sel-sel itu kerjanya sama, yaitu memproduksi dua protein yang memungkinkan seseorang merasa kenyang. Dua protein tersebut antara lain, kokain dan amfetamin-diatur transkrip (CART) serta melanocyte-stimulating hormone (MSH).

(brl/red)