CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 19 Januari 2016 10:00

Setelah lettuce, kini peneliti NASA sukses tanam bunga di luar angkasa

Peneliti NASA di ISS klaim berhasil tanam bunga Zinnia.

Setelah lettuce, kini peneliti NASA sukses tanam bunga di luar angkasa

Techno.id - Peneliti NASA kembali membuat terobosan yang menggemparkan dunia. Setelah berhasil menanam selada air alias lettuce, kini peneliti badan antariksa Amerika itu mengumumkan telah berhasil menanam bunga di luar angkasa.

Ya, melalui akun Twitter pribadinya, astronot NASA Scott Kelly mengungkap berhasil menanam bunga Zinnia di ISS atau stasiun antariksa internasional. "Bunga yang pertama ditanam di luar angkasa telah mekar #SpaceFlower #zinnia #YearInSpace," kicau Kelly sembari kembali menambahkan, "Ya, ada bentuk kehidupan lain di luar angkasa."

Seperti dikutip dari NDTV (18/1/16), proyek menanam bunga yang termasuk dalam kelompok daisy ini sempat mengalami kegagalan. Kelly mengungkap jika proyek yang mulai dikerjakan pada bulan November 2015 ini sempat layu karena kelembaban yang berlebihan di luar angkasa dan aliran udara yang terbatas. Namun berkat ketekunannya dan tim peneliti lain, akhirnya bunga itu berhasil kembali tumbuh dan berbunga awal tahun 2016 ini.

Trent Smith, project manager untuk penelitian ini mengungkapkan jika bunga zinnia memiliki karakteristik yang berbeda ketimbang lettuce yang berhasil ditanam dan dipanen pada pertengahan 2015 lalu. Smith mengungkap jika zinnia jauh lebih sensitif terhadap lingkungan dan karakteristik cahaya.

Jadi, menurut Smith sangat mengagumkan bunga zinnia bisa berhasil tumbuh dan berkembang di luar angkasa. Mengingat durasi pertumbuhan yang panjang antara 60 sampai 80 hari dan risiko kegagalan yang tinggi.

Sekadar informasi, proyek menanam tumbuhan di luar angkasa ini merupakan bagian dari proyek Veggie milik NASA yang dimulai pada tahun 2014. Proyek ini mengembang misi mempelajari kemungkinan tinggal jangka panjang di luar angkasa demi mendirikan koloni manusia di luar angkasa, Mars, dan planet-planet layak huni lainnya.

Bunga Zinnia yang berhasil tumbuh di luar angkasa
© 2016 twitter.com/Scott Kelly

WHAT TO READ NEXT ?