CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 15 Mei 2016 17:00

Robot mini ini aman untuk dikonsumsi, mau coba?

Robot mini buatan ilmuwan 3 kampus ternama dunia ini dapat membantu tim medis di masa depan melakukan microsurgeon tanpa menimbulkan efek samping

Robot mini ini aman untuk dikonsumsi, mau coba?

Techno.id - Baru-baru ini ilmuwan dari MIT, University of Sheffield dan Tokyo Institute of Technology mengklaim telah menemukan robot yang aman dikonsumsi. Robot dari jenis origami itu kabarnya dapat dikonsumsi untuk keperluan pengobatan atau proses pembedahan mikro di dalam perut.

Robot yang terbuat dari usus kering babi berbentuk pil ini mengusung magnet yang dapat dikontrol dari luar untuk keperluan microsurgeon atau pembedahan skala kecil. Melalui robot ini, maka proses operasi skala kecil seperti sakit maag misalnya dapat diatasi menggunakan robot origami buatan ilmuwan dari tiga kampus ternama dunia tersebut.

Mengutip dari laman Engadget (12/5/16), desain dari robot origami baru ini merupakan bentuk penyempurnaan dari robot origami yang pernah ada. Ilmuwan menghilangkan baterai pada robot yang menimbulkan efek samping kurang baik bagi pencernaan saat terlalu lama tertanam pada perut.

Sebagai pengganti, seperti disebutkan di atas digunakanlah usus kering babi dan magnet sebagai bahan dasar robot. Usus kering babi diakui para ilmuwan lebih mudah beradaptasi dengan pencernaan dan dapat dikeluarkan lewat pengeluaran alami atau tanpa perlu tindakan operasi untuk mengeluarkan robot seperti selama ini banyak dilakukan.

Lebih jelas mengenai robot mini ini, sila simak video berikut.

WHAT TO READ NEXT ?