CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 8 April 2016 08:00

Robot imut ini ternyata bisa bantu proses teraputik penderita demensia

Robot bernama Paro ini dikabarkan bisa memperbaiki gejala gangguan perilaku dan psikologis penderita demensia.

Robot imut ini ternyata bisa bantu proses teraputik penderita demensia

Techno.id - Tahukah Anda, robot imut berbentuk anjing laut ini kabarnya dapat membantu proses teraputik penderita penyakit demensia? Ya, sebuah studi yang dilakukan oleh Front Porch Center for Innovation and Wellbeing menemukan jika robot imut bernama Paro itu dapat digunakan untuk membantu proses terapi pada pasien penyakit yang mengakibatkan penurunan fungsi otak pada penderitanya.

Dr. Takanori Shibata, desainer robot dan juga pemimpin penelitian ini mengungkapkan jika Paro dapat memperbaiki gejala gangguan perilaku dan psikologis penderita demensia. Selain itu, Paro juga disebutkan dapat mengurangi penggunaan obat psikotropika yang sebenarnya berakibat kurang baik bagi kesehatan pasien.

Dari penelitian yang dilakukan kepada sekitar 920 pasien diketahui jika Paro dapat mendatangkan efek menenangkan, mengurangi perilaku gelisah, dan mendorong pasien mengenali orang di sekitar lingkungannya dengan baik. Mengutip dari laman SlashGear (6/4/16), 79 persen dari pasien yang mendapatkan terapi bersama Paro bahkan menunjukkan perilaku positif seperti tetap waspada, peningkatan nafsu makan, perbaikan suasana hati, dan perilaku sosial yang lebih baik.

Paro sendiri merupakan robot unik yang khusus diciptakan untuk proses teraputik dengan lima jenis sensor seperti sensor suhu, sentuhan, cahaya, audio, dan postur. Dengan sensor tersebut, Paro kabarnya dapat merasakan dan juga berinteraksi dengan penggunanya dengan cara yang tepat.

Untuk mendapatkan Paro, kabarnya Anda harus merogoh kocek sekitar Rp1,32 jutaan saja. Cukup murah bukan?

WHAT TO READ NEXT ?