CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 22 Maret 2016 19:00

Perkenalkan, Liam si robot ramah lingkungan milik Apple

Liam dilaporkan bisa mendaur ulang iPhone yang sudah tak digunakan dengan metode yang sangat rapi.

Perkenalkan, Liam si robot ramah lingkungan milik Apple

Techno.id - Selain memperkenalkan jajaran produk elektronik andalannya di ajang Apple Special Event dini hari tadi, Apple dilaporkan juga telah memperkenalkan sebuah robot ramah lingkungan bernama Liam. Robot ramah lingkungan ini kabarnya sengaja dirancang Apple untuk mendaur ulang iPhone yang sudah tak digunakan.

Liam yang sudah resmi digunakan mulai awal bulan lalu ini dilaporkan bisa menghancurkan iPhone yang sudah tak lagi digunakan dengan cara mendeteksi komponen tertentu yang masih bisa dimanfaatkan, kemudian memisahkannya dengan komponen yang sudah dinilai rusak atau tak layak pakai. Mengutip dari laman NDTV (22/3/16), pihak Apple mengungkapkan jika dalam sebuah uji coba yang dilakukan si robot industri ini kabarnya mampu memisahkan komponen seperti aluminium, tembaga, timah, tungsten, cobalt, emas dan perak pada iPhone 6S hanya dalam waktu 11 detik saja.

Lebih lanjut, pihak Apple mengatakan jika kehadiran Liam bisa jadi bakal menjadi harapan baru bagi kelestarian lingkungan hidup di masa depan. Pasalnya, di masa depan Liam diperkirakan dapat membantu Apple mendaur ulang dan mengurangi sampah dari sekitar 231 juta iPhone yang terjual di tahun 2015 lalu.


Terkait komitmen Apple terhadap lingkungan ini, Greenpeace organisasi non profit yang pro lingkungan menyambut positif langkah raksasa Cupertino tersebut. Mereka mengapresiasi langkah Apple untuk menjaga kelestarian lingkungan dengan menghadirkan solusi daur ulang untuk produk-produk elektroniknya.

Kendati demikian, Greenpeace tetap berharap supaya Apple lebih memperbanyak produksi barang yang jauh lebih ramah lingkungan. Mengingat, industri elektronik seperti yang digeluti oleh Apple saat ini merupakan penyumbang sampah yang menyebabkan lingkungan makin berbahaya bagi kehidupan.

WHAT TO READ NEXT ?