CONNECT WITH US
Firli Firlani |
 22 Maret 2016 14:00

Sophia, robot yang pandai berekspresi seperti manusia

Sedikit mengerikan karena canggihnya sebuah robot yang dapat berekspresi seperti manusia.

Sophia, robot yang pandai berekspresi seperti manusia

Techno.id - Hanson Robotics sebuah perusahaan yang mengembangkan robot memperkenalkan robot terbarunya bernama Sophia. Dilansir oleh CNBC (20/03/16), robot yang mirip dengan manusia ini mampu mengekspresikan berbagai macam emosi di wajahnya karena robot ini memiliki kamera canggih yang dapat melacak ekspresi wajah serta menatap dan menggerakkan matanya saat berinteraksi dengan manusia.

Sophia terbuat dari bahan karet yang dinamai Frubber dan dapat mensimulasikan elastisitas kulit manusia dan dapat membantu keputusan simulasi sebuah ekspresi. David Hanson, pendiri Hanson Robotics mengatakan jika ia percaya dengan robot humanoid yang nantinya dapat digunakan untuk tujuan medis, terapi, pendidikan atau mengobati penyakit menular.

Anehnya, kemajuan teknologi ini dinilai mengerikan karena tentu saja robot yang semakin cerdas akan semakin berpotensi jadi ancaman kehidupan manusia. Ngerinya, saat ditanya apakah Sophia akan menghancurkan manusia? Ia menjawab "Oke, aku akan menghancurkan manusia," ujarnya dengan ekspresi seperti di bawah ini.

Robot Sophia
© 2016 CNBC/© 2016 CNBC

Mengerikan bukan? Jika Anda masih penasaran, Anda bisa tonton videonya di bawah ini.



WHAT TO READ NEXT ?