CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 4 April 2016 10:00

Penggunaan tablet berdampak negatif pada kualitas tidur

Seseorang yang membaca buku elektronik pada tablet akan sulit tidur.

Penggunaan tablet berdampak negatif pada kualitas tidur

Techno.id - Saat ini, sebagian orang lebih tertarik membaca buku elektronik atau e-book di tablet daripada membaca buku fisik. Pasalnya, membaca buku elektronik di tablet lebih praktis dan dapat menampung lebih banyak judul buku. Namun, di balik kepraktisan tersebut, ternyata menyimpan beberapa dampak negatif, terutama gangguan tidur.

Hal ini diungkapkan oleh ilmuwan dari University of Bergen. Mereka melakukan penelitian yang intinya ingin mengetahui bagaimana dampak yang terjadi ketika seseorang menggunakan tablet untuk membaca buku elektronik sebelum tidur dan membaca buku fisik.

Dari penelitian yang sudah diterbitkan pada journal Sleep Medicine ini, diketahui bahwa penggunaan tablet berdampak negatif pada kualitas tidur. Para ilmuwan juga menemukan bahwa membaca buku elektronik di tablet (di bawah selimut) selama 30 menit mempunyai dampak negatif pada kualitas tidur.

Penelitian ini melibatkan 16 siswa yang sebelumnya tidak memiliki gangguan tidur. Siswa-siswa tersebut juga diuji satu-persatu dengan cara membaca buku fisik dan buku elektronik pada tablet. Setelah itu, diketahui bahwa siswa yang membaca buku fisik tidak terjadi apa-apa, namun setelah membaca buku elektronik di tablet, mereka mulai mengalami gangguan tidur.

Gangguan tidur yang mereka alami bisa diketahui berkat alat polisomnografi. Alat ini sering digunakan para peneliti untuk mendeteksi gangguan tidur. Berkat penelitian ini pulalah, para ilmuwan mengetahui bahwa siswa yang membaca buku fisik lebih mudah mengantuk dan siswa yang membaca buku elektronik di tablet akan sulit tidur, sebagaimana yang disadur dari AlbanyDailyStar.

WHAT TO READ NEXT ?