CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 5 Maret 2016 08:00

Penelitian ini klaim bisa hasilkan listrik dari pohon buatan

Proyek pohon buatan ini memanfaatkan getaran sebagai pembangkit tenaga listrik.

Penelitian ini klaim bisa hasilkan listrik dari pohon buatan

Techno.id - Sebuah penelitian yang diprakarsai oleh Ohio State University baru-baru ini mengklaim bisa menciptakan pohon buatan yang dapat menghasilkan energi listrik bertegangan tinggi. Disebutkan, jika energi listrik bisa dihasilkan ketika pohon-pohon buatan tersebut terguncang oleh angin atau goncangan dari gedung tinggi, lalu lintas jembatan, dan bahkan aktivitas seismik.

Penelitian yang dipublikasikan awal Februari lalu di Journal Sound and Vibration ini kabarnya menggunakan teknologi khusus yang dapat menyulap pohon buatan menjadi media pembangkit tenaga listrik layaknya kincir angin. Secara khusus, pohon buatan ini kabarnya dibuat menggunakan teknologi elektromekanik yang dapat mengonversi kekuatan angin atau langkah kaki di jembatan menjadi getaran struktur yang kuat dan ideal untuk menghasilkan listrik.

Tak hanya itu, proyek pohon buatan ini juga dilaporkan menggunakan sensor powering khusus sebagai perangkat utama. Ryan Harne, pemimpin proyek ini sebagaimana dilansir oleh portal berita Ohio State University (1/2/16) mengungkapkan jika sensor yang biasa digunakan untuk memantau kekuatan getaran pada bangunan seperti jembatan itu membantu proyek pohon buatan mendeteksi getaran angin atau sumber penghasil getaran lainnya untuk dijadikan energi listrik.

Lebih lanjut, Harne menjelaskan jika proyek ini akan sangat membantu negara atau wilayah minim sinar matahari atau angin mempunyai sumber energi listrik alternatif. Ya, proyek ini diakui Harne sangat cocok diaplikasikan ke kota-kota besar yang memiliki ruang terbatas untuk membangun sistem pembangkit listrik berbasis solar atau membangun kincir angin yang merupakan pembangkit listrik berbasis angin.

WHAT TO READ NEXT ?