CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 20 November 2015 20:00

Di Surabaya, sumber listrik sudah bisa didapat dari limbah pohon

Limbah hasil perampingan pohon selama ini telah diolah kembali menjadi energi listrik untuk kebutuhan Kebun Bibit Bratang dan Wonorejo.

Di Surabaya, sumber listrik sudah bisa didapat dari limbah pohon

Techno.id - Pemanfaatan sumber energi terbarukan di Indonesia semakin giat digalakkan. Setelah sebelumnya PT Pembangkit Listrik Jawa Bali (PJB) mulai mengembangkan pembangkit listrik dari rumput laut, Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya sudah bisa menghasilkan energi listrik dari limbah pohon. Pemanfaatan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik dari dua kebun di kawasan Surabaya.

"Jika sampah organik diolah menjadi pupuk kompos dan digunakan untuk kelangsungan kesuburan tanah dan tanaman yang ada di penjuru Kota Surabaya, maka limbah hasil dari perampingan pohon yang dilakukan setiap hari diolah kembali menjadi energi listrik yang difungsikan untuk mencukupi pasokan kebutuhan listrik Kebun Bibit Bratang dan Wonorejo," demikian kata Kepala UPT Pengolahan Rumah Kompos DKP Surabaya, Eddy Wahyu Tjandra.

Lebih lanjut, proses konversi limbah ini menggunakan alat bernama Gasifikasi. Dalam sehari, alat itu mampu menghasilkan 4.000 watt dari 70 sampai 80kg ranting kering dan sampah plastik.

Cara kerja teknologi yang pembuatannya melibatkan Institut Teknologi Surabaya (ITS) itu pun cukup sederhana. Limbah ranting dari perampingan dan plastik yang terkumpul tinggal dibakar di sebuah tungku. Kemudian, gas yang dihasilkan dari hasil pembakaran itu ditampung untuk menggerakkan generator listrik.

"Meskipun listrik sebesar 4.000 watt tersebut hanya bertahan hingga tujuh jam, tapi kami optimis ke depan listrik yang dihasilkan dari limbah sampah dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan listrik di kebun bibit dalam waktu yang cukup lama," imbuh Eddy, seperti dikutip dari Antara (19/11/15).

DKP Kota Surabaya sendiri sudah memiliki 25 rumah kompos, tetapi hanya dua di antaranya yang memiliki pembangkit listrik tenaga sampah ini. Walau masih jauh dari sempurna, upaya ini akan ditingkatkan demi menciptakan lingkungan yang bersih sekaligus memasok kebutuhan listrik taman secara mandiri.

WHAT TO READ NEXT ?