Peneliti: Simpanse juga mengenali wajah layaknya manusia

Peneliti: Simpanse juga mengenali wajah layaknya manusia

Techno.id - Seperti manusia, simpanse pun memiliki kemampuan untuk mengenali wajah. Primata itu terbukti mampu mengidentifikasi wajah simpanse lainnya maupun wajah manusia dewasa dan bayi.

Dikutip dari LiveScience.com (16/07/15), argumen ini dibuktikan melalui serangkaian percobaan. Awalnya, tiga ekor simpanse dewasa dilatih untuk menemukan gambar wajah simpanse, pisang, mobil, dan rumah dari sejumlah gambar lainnya di sebuah layar sentuh. Hasilnya, peneliti mendapati simpanse yang menjadi sampel itu dapat mengenali wajah simpanse lain dengan sangat efisien.

Peneliti juga mengungkap kalau simpanse bisa dengan mudah mendeteksi wajah manusia dewasa dan bayi. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku dengan wajah monyet.

Uniknya, kemampuan simpanse untuk mengenali wajah terhambat kalau foto wajah yang ditunjukkan dibalik. Hal ini, menurut peneliti, disebabkan karena simpanse menganalisis wajah secara holistik atau menyeluruh, sama seperti manusia.

"Baik manusia maupun simpanse telah mengembangkan kemampuan khusus untuk memproses wajah," terang Masaki Tomonaga, primatologis yang juga memimpin riset ini. Ia juga menarik kesimpulan kalau wajah memegang peran vital dalam aspek sosial manusia dan simpanse.

(brl/red)