Ilmuwan Jepang temukan telur dinosaurus berusia 110 juta tahun!

Techno.id - Dewasa ini dunia sains boleh jadi telah mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari para ilmuwan Jepang yang telah berhasil menemukan sebuah telur dinosaurus terkecil di dunia yang diperkirakan telah berusia 110 juta tahun.

Sebagaimana dikutip dari Asahi.com (30/06/2015), telur yang sudah menjadi pecahan cangkang ini hanya memiliki ketebalan sekitar 0.4 milimeter dan berat perkiraan sebesar 100 gram. Dengan kata lain, telur ini hampir seukuran telur ayam.

Ilmuwan Jepang temukan telur dinosaurus berusia 110 juta tahun!

Saat proses 'evakuasi' dimulai di tahun 2007 silam, sebanyak 90 pecahan kulit telur sudah berhasil ditemukan. Menariknya, setelah dianalisis, sebanyak 8 jenis di antaranya merupakan penemuan yang benar-benar baru atau belum pernah ditemukan sebelumnya.

Hingga kini, jenis dinosaurus yang 'meletakkan' telur ini masih dalam proses penelitian. Namun untuk sementara waktu, para peneliti meyakini fosil telur ini mirip dengan jenis theropod bipedal berbobot 15 kilogram yang tinggal di wilayah Asia dan Amerika Utara.

Ilmuwan Jepang temukan telur dinosaurus berusia 110 juta tahun!

Rencananya, temuan menakjubkan ini akan dipamerkan di Museum Nature and Human Activies di Sanda, Hyogo, Jepang pada pertengahan Juli hingga akhir Agustus 2015. Adapun temuan baru ini dinamakan Nipponoolithus ramosus oogen. et oosp. nov. yang artinya yakni 'Telur kayu dari Jepang' dalam bahasa Yunani.