Dulse, daging asap ala ilmuwan

Dulse, daging asap ala ilmuwan

Techno.id - Sekelompok peneliti dari Oregon State University, Amerika Serikat baru-baru ini menemukan bahan dasar makanan pengganti daging asap, dulse. Dulse bukanlah daging dari jenis hewan pedaging baru, melainkan alga laut merah yang tak disangka memiliki tekstur mirip dengan daging asap.

Seperti dilansir oleh Softpedia (17/7/15), dulse yang digunakan dalam penelitian merupakan jenis alga laut yang hanya bisa dijumpai di perairan Pasifik dan Atlantik dekat garis pantai. Dulse ini sejak lama diyakini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi yakni 16 persen dan ketika dimasak pada temperatur panas yang tepat maka dulse akan menghasilkan rasa daging asap yang khas.

Saat ini, para peneliti sedang melakukan sejumlah kampanye untuk memperkenalkan dulse sebagai pengganti daging asap atau bacon ke masyarakat. Menurut para peneliti, dulse lebih aman dikonsumsi ketimbang bacon atau daging asap yang selama ini beredar di pasaran (rata-rata bacon yang beredar di pasaran Amerika berbahan dasar babi yang diduga kuat tak baik jika dikonsumsi berlebihan). Bahkan, peneliti mengklaim bahwa bacon ala mereka ini sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang menjalankan pola makan vegetarian.

Anda tertarik mencicipinya?

Dulse, daging asap ala ilmuwan

Dulse, alga laut yang menjadi bahan dasar daging asap 2015 PlayBuzz/Softpedia.com

(brl/red)