CONNECT WITH US
Erick |
 24 Maret 2016 10:00

Mobil pintar bakal bikin lampu lalu lintas tak lagi berguna

Jika semua kendaraan dibekali dengan sensor yang mampu bekerja dengan baik, masihkah Anda membutuhkan lampu lalu lintas?

Mobil pintar bakal bikin lampu lalu lintas tak lagi berguna

Techno.id - Berita seputar mobil pintar banyak dibicarakan media. Kendaraan masa depan tersebut dikatakan bakal mampu mengurangi angka kecelakaan di jalan akibat kelalaian manusia dalam mengemudikan kendaraan konvensional. Para produsen otomotif pun tampaknya berlomba menambahkan fitur pintar pada kendaraan terbarunya.

Namun seperti yang dilansir Apple Car Fans pada hari Rabu (23/03/16) lalu, para ilmuwan MIT mengatakan bahwa sesungguhnya Anda tak membutuhkan mobil pintar seperti Apple Car misalnya, untuk meningkatkan keselamatan dan tak lagi melanggar lampu lalu lintas. Para ilmuwan tersebut mengatakan, yang sebenarnya dibutuhkan adalah beberapa sensor saja untuk membuat konsep dari kendaraan pintar tersebut bekerja dengan baik.

Paolo Santi dari Ambient Mobility Lab dan Carlo Rati dari Senseable City Laboratory sedang terlibat dalam sebuah proyek untuk mewujudkan konsep kendaraan aman di masa depan. Mereka telah menciptakan teknologi yang dinamakan sistem saraf, yang nantinya akan diadaptasi pada kendaraan masa depan.

Intinya, sistem ini diinstal pada mobil, dan pengemudi hanya perlu menginstruksikan pada mobilnya, berapa kecepatan, serta parameter lain yang dibutuhkan kendaraan. Lalu, apakah teknologi tersebut bakal menjamin takkan ada lagi kecelakaan di jalan?

Para ilmuwan tersebut mengatakan bahwa tentu saja masih ada resiko terjadi kecelakaan, khususnya yang disebabkan oleh human error. Walaupun sensor dan sistem bekerja dengan benar, tetap saja pengemudi masih bisa melakukan kesalahan, dengan memasukkan input parameter yang salah misalnya.

Satu hal yang jelas, jika semua kendaraan di masa yang akan datang dibekali kepintaran serta sensor yang mampu bekerja lebih baik dibanding manusia, masihkah pengguna jalan membutuhkan lampu lalu lintas? Bagaimana menurut Anda?

 

WHAT TO READ NEXT ?