CONNECT WITH US
Erick |
 18 Maret 2016 22:00

Jadi piranti standar, teknologi ini akan digunakan pada semua mobil

Menyikapi perilaku mengemudi masyarakat modern, 20 raksasa otomotif ini menyiapkan teknologi baru yang bakal jadi piranti standar sebuah mobil.

Jadi piranti standar, teknologi ini akan digunakan pada semua mobil

Techno.id - Jika diperhatikan lebih dalam, angka kecelakaan yang terjadi di jalanan setiap tahunnya memang tak mengalami penurunan. Artinya, kecanggihan yang disematkan pada kendaraan konvensional seperti yang banyak berseliweran di jalan juga bukanlah sebuah jaminan bahwa perjalanan Anda bakal aman.

Kuncinya hanya pada sang pengemudi itu sendiri, apakah ia menaati peraturan dan perilaku mengemudinya tidak merugikan pengguna jalan lainnya. Sebenarnya, alasan inilah yang membuat para pakar teknologi berjuang untuk segera meluncurkan kendaraan self driving. Ya, agar perjalanan Anda dan pengguna jalan lain aman.

Karena itulah setidaknya 20 perusahaan otomotif sedang berusaha keras untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan. Seperti yang telah diberitakan oleh CNET pada hari Kamis (17/03/16) lalu, perusahaan-perusahaan tersebut akan menyematkan teknologi autonomous emergency braking (AEB) pada kendaraan terbarunya.

Ilustrasi autonomous emergency braking (AEB)
© 2016 telegraph.co.uk/telegraph.co.uk

Mereka bahkan telah menyetujui bahwa pada tahun 2022 nanti, semua kendaraan besutan mereka telah dibekali dengan AEB sebagai piranti standar. Perusahaan otomotif mana saja yang telah menyetujui usulan tersebut?

Persetujuan tersebut telah ditandatangani oleh raksasa otomotif seperti Audi, BMW, FCA, Ford, GM, Honda, Hyundai, Jaguar Land Rover, Kia, Maserati, Mazda, Mercedes, Mitsubishi, Nissan, Porsche, Subaru, Tesla, Toyota, Volkswagen dan juga Volvo. Harapannya, jika rencana ini berjalan lancar, maka pada tahun 2025 nanti AEB juga sudah bakal digunakan kendaraan besar seperti truk dan bus.

Well, semoga rencana tersebut berjalan mulus tanpa hambatan, mengingat banyak perilaku mengemudi masyarakat Indonesia dewasa ini yang masih sangat perlu untuk ditertibkan. Bagaimana menurut Anda?

 

WHAT TO READ NEXT ?