CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 8 April 2016 12:00

Kolesterol ternyata takut dengan batang nanas

"Awal penelitian ini karena adanya tawaran pengolahan nanas dari salah satu perusahaan besar..."

Kolesterol ternyata takut dengan batang nanas

Techno.id - Kolesterol dewasa ini adalah ancaman yang nyata bagi masyarakat, terutama di daerah perkotaan yang melakukan pola hidup kurang sehat. Vendra Setiawan S.Farm M.Farm Apt mencoba menawarkan solusi berbekal batang buah nanas. Mahasiswa S2 Jurusan Farmasi Universitas Surabaya (Ubaya) tersebut mampu memanfaatkan batang nanas yang sudah dijadikan serbuk sebagai suplemen makanan yang dapat menurunkan kolesterol serta meningkatkan insulin.

"Saya memanfaatkan batang nanas yang mengandung xylan yang dicampur dengan enzim Xylnase melalui bakteri Bacillus Licheniforms yang mengubah Xylan menjadi Xylo-Oligosaccharide dalam bentuk serbuk untuk meningkatkan sistem imun tubuh," terang mahasiswa kelahiran Tulungagung itu.

Menariknya, serbuk batang nanas ini juga bermanfaat sebagai prebiotik yang baik untuk pencernaan manusia. Penelitian yang dilakukan selama 10 bulan ini pun kian menegaskan manfaat nanas; selain buahnya mengandung vitamin C, batangnya ternyata juga berkhasiat.

"Awal penelitian ini karena adanya tawaran pengolahan nanas dari salah satu perusahaan besar, kemudian saya memilih memanfaatkan batang nanas yang kaya akan kandungan tertentu menjadi bahan utama penelitian," Vendra berkisah pada wartawan Antara (06/04/16).

Sebelumnya, perang terhadap kolesterol juga dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Claudio Dassmer. Ia menggagas pemanfaatan apel hijau lokal sebagai obat antikolesterol.

WHAT TO READ NEXT ?