CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 6 April 2016 16:00

Apel hijau lokal pun bisa jadi obat antikolesterol

Yang menciptakan obat tersebut adalah mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS).

Apel hijau lokal pun bisa jadi obat antikolesterol

Techno.id - Siapa sangka ternyata apel hijau yang jumlahnya begitu melimpah di Indonesia bisa digunakan untuk hal lain. Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Claudio Dassmer, telah membuktikannya. Claudio berhasil menciptakan obat antikolesterol berbahan dasar apel hijau lokal.

Menurutnya, kandungan di dalam buah apel punya khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

"Dalam pembuatan obat penurun kolesterol, saya menyiapkan bahan-bahan dasar pembuat tablet salut, di antaranya kalsium fosfat dibasik dihidrat, Ac-Di-Sol, Talk, PVP K-30, Magnesium Stearat, Eudragit L-100, gliserol," kata Claudio pada Antara (05/04/16). Setelah bahan tersebut siap, maka dilakukanlah ekstraksi pada buah apel untuk menarik senyawa aktifnya lewat juicer.

"Melalui proses tersebut akan didapatkan ekstrak cair buah apel yang kemudian akan dikeringkan dengan maltodextrin. Tahap akhir dari proses terebut adalah melakukan formulasi pada ekstrak kering menjadi tablet salut enterik," imbuhnya.

Claudio yang dibantu oleh Farida Lanawati Darsono, S.Si., M.Sc. dan Sumi Wijaya, Ph.D., Apt. selaku dosen pembimbingnya berharap temuan ini bisa dimaksimalkan ke depannya. Kendati demikian, ia tak memungkiri penelitiannya baru terbatas pada optimasi formula tablet salut enterik ekstrak buah apel.

"Ada harapan besar agar dapat dikonsumsi oleh masyarakat umum di masa depan," ujar mahasiswa yang juga menjadi asisten dosen di Fakultas Farmasi UKWMS.

WHAT TO READ NEXT ?