Merokok dapat menyebabkan peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2

Merokok dapat menyebabkan peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2

Techno.id - Sebenarnya, perokok sudah mengetahui jika merokok dapat menyebabkan kanker, stroke, dan serangan jantung. Namun, mereka tak menghiraukan hal itu, mereka lebih asyik memainkan asap rokok di mulut ketimbang kesehatannya sendiri. Parahnya lagi, ternyata merokok juga dapat menyebabkan seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2.

Ya, studi terbaru yang dimuat dalam jurnal The Lancet Diabetes dan Endocrinology berpendapat bahwa sebanyak 11,7 persen dari kasus diabetes tipe 2 pada pria dan 2,4 persen pada wanita merupakan hasil dari merokok, sebagaimana yang disampaikan oleh News.Softpedia (18/9/15).

Ilmuwan Frank Hu dan rekan-rekan peneliti lainnya memperkirakan bahwa perokok aktif meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 dengan rata-rata 37 persen. Sedangkan perokok pasif menyumbang penyakit diabetes tipe 2 dengan presentase 22 persen. Bahkan, yang lebih mengejutkan, mantan perokok pun juga dapat terjangkit diabetes tipe 2 dengan presentase sebesar 14 persen.

Para ilmuwan juga menambahkan bahwa perokok berat bakal lebih menderita lagi karena memiliki risiko lebih tinggi yaitu 57 persen dibandingkan orang yang tidak pernah merokok.

(brl/red)