Kekurangan vitamin D menyebabkan penurunan kognitif lebih cepat

Kekurangan vitamin D menyebabkan penurunan kognitif lebih cepat

Techno.id - Penyakit itu bagaikan misteri yang tak dapat diperkirakan kapan datangnya. Namun, sebagai manusia, Anda bisa menghindari berbagai penyakit itu dengan cara menjalankan pola hidup sehat. Setidaknya, Anda bisa berolahraga setiap pagi, walau tak sampai mengeluarkan keringat yang penting bisa terkena paparan sinar matahari.

Pasalnya, jika tidak terkena sinar matahari, maka tubuh tidak akan mendapat asupan vitamin D. Vitamin D itu begitu penting, karena bila Anda sampai kekurangan vitamin D maka Anda dapat mengidap beberapa penyakit seperti rakitis dan osteoporosis. Bahkan, dari penelitian terbaru ditemukan bahwa kekurangan vitamin D dapat menyebabkan penurunan kognitif lebih cepat pada orang dewasa.

Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 382 orang dengan berbagai kadar vitamin D di tubuhnya. Para ilmuwan juga mengambil sampel secara acak dari berbagai etnis, termasuk kulit hitam dan kulit putih, seperti yang dilansir Futury (15/9/15).

"Ada beberapa orang dalam penelitian tersebut yang memiliki kadar vitamin D rendah dan ternyata kognitifnya tidak menurun sama sekali. Beberapa lagi di antaranya dengan cukup vitamin D justru menurun lebih cepat. Tapi rata-rata, orang dengan vitamin D rendah akan menurun dua sampai tiga kali lebih cepat dari mereka yang mempunyai vitamin D memadai," kata Joshua Miller, Profesor Ilmu Gizi di Rutgers.

Jika Anda merasa kesulitan menerima paparan sinar matahari setiap harinya karena bekerja di dalam ruangan maka Anda tidak disarankan untuk menggunakan suplemen vitamin D. Soalnya, bila terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin D justru berbahaya bagi tubuh. Jadi, agar tubuh tetap sehat, ada baiknya Anda menjauhi suplemen dan tetap fokus pada vitamin D alami dari sinar matahari atau makanan yang mengandung vitamin D.

(brl/red)