Inilah foto selfie si rover Curiosity di planet merah

Inilah foto selfie si rover Curiosity di planet merah

Techno.id - Kendaraan eksplorasi luar angkasa untuk planet Mars, rover Curiosity, baru-baru ini diketahui melakukan selfie di planet yang dijuluki planet merah tersebut. Dalam foto selfie itu nampak si rover Curiosity berada di sebuah gundukan pasir berwarna gelap yang ada di salah satu lokasi Mars.

Sebagaimana dilansir oleh NDTV (30/1/16), foto selfie rover Curiosity ini diklaim istimewa. Pasalnya, dari foto yang sebenarnya terdiri dari gabungan 57 gambar hasil rekam kamera Mars Hand Lens Imager (MAHLI) yang ada di lengan atas diketahui bagaimana keadaan di planet merah, pergerakan angin di sana, dan macam partikel pasir yang ada di Mars.

Tak hanya itu, foto selfie ini juga bisa menjadi salah satu bahan penelitian pergerakan butiran pasir yang disebabkan oleh angin di Mars. Foto pun juga dapat memberi gambaran kekuatan dan arah angin yang menyebabkan pergerakan butiran pasir di permukaan planet merah.

Sekadar informasi, lokasi selfie dari rover Curiosity ini adalah lahan yang merupakan bagian situs Bagnold Dune Field. Situs itu terletak pada garis sayap barat laut Gunung Sharp Mars.

Rencananya, setelah berhasil mengambil sampel butiran pasir dan melakukan selfie di situs itu, rover Curiosity selanjutnya akan mengumpulkan sampel batuan-batuan dasar untuk penelitian lanjutan.

Inilah foto selfie si rover Curiosity di planet merah

(brl/red)