Mungkinkah manusia tinggal di Planet Nine?

Techno.id - Pada berita terdahulu telah dikatakan bahwa para ilmuwan telah menemukan plante ke-9. Terletak di belakang Pluto yang tak lagi dianggap sebagai planet karena ukurannya kecil, planet baru ini jadi bahan yang cukup hangat untuk diperbincangkan.

Memiliki gravitasi dan juga lapisan atmosfer yang cukup tebal, Planet Nine pun kemudian diteliti lebih lanjut, apakah memungkinkan digunakan sebagai tempat tinggal umat manusia suatu saat nanti. Namun karena jaraknya paling jauh dari matahari sebagai pusat tata surya, tentu saja orbit Planet Nine juga akan lebih panjang.

Mungkinkah manusia tinggal di Planet Nine?

Planet Nine
2016 newscientist.com/newscientist.com

Seperti yang telah diberitakan oleh Wired pada hari Jumat (22/01.16) lalu, Planet Nine memiliki bobot yang lebih besar dibanding Planet Bumi. Kesimpulan tersebut diambil dari garis tengah Planet Nine yang lebih panjang daripada Bumi.

Banyak yang mempertanyakan apakah manusia bisa hidup di sana suatu hari nanti. Selain harus mempertimbangkan jarak tempuh, temperatur udara juga mutlak untuk diperhitungkan. Para ilmuwan pun kemudian menemukan, bahwa suhu di Planet Nine hanya berkisar 10% dari temperatur rata-rata Bumi.

Artinya, planet tersebut jauh lebih dingin jika dibandingkan dengan tempat tinggal Anda sekarang. Belum lagi soal medan gravitasi saat dibandingkan dengan Bumi. Jadi, jika umat manusia berpikir untuk pindah dan menetap di Planet Nine, akan banyak sekali hal yang patut diperhitungkan menyangkut kelangsungan hidup umat manusia di sana nanti...