Indonesia juga berpartisipasi dalam meneliti matahari

Indonesia juga berpartisipasi dalam meneliti matahari

Techno.id - Jika berbicara tentang penelitian luar angkasa, sudah tentu Anda akan tertuju pada badan antariksa milik Amerika, NASA. Namun, ternyata Indonesia juga memiliki sejumlah penelitian yang penting terkait luar angkasa yang dilakukan oleh badan antariksa Indonesia yaitu LAPAN.

Jika dibandingkan dengan NASA tingkat penelitian yang dilakukan LAPAN tidak terlalu ekstrem seperti yang dilakukan oleh NASA. LAPAN sendiri hanya melakukan penelitian terhadap matahari dan melihat bagaimana pengaruhnya terhadap bumi dan lingkungan antariksanya.

Hal ini seperti dilansir dari Merdeka.com (11/04/15), Penelitian yang belum banyak diketahui orang ini merupakan riset yang sekadar untuk keperluan prediksi cuaca antariksa. Seperti yang dijelaskan oleh Ketua Pusat Sains Antariksa LAPAN, Clara Yono Yatini.

"Pengaruh terhadap bumi misalnya untuk komunikasi radio dan komunikasi satelit, terhadap medan magnet bumi. Dan bagaimana lingkungan antariksa dipengaruhi oleh matahari dan kemudian mempengaruhi bumi," ujarnya dikutip dari Merdeka.com (11/04/15).

Dengan ini, setidaknya LAPAN telah mampu untuk memperkirakan bagaimana cuaca antariksa dalam 24 jam ke depan. Bahkan untuk melihat aktivitas matahari, pengaruhnya terhadap geomagnet, serta pengaruhnya terhadap ionosfer dan komunikasi radio dan juga komunikasi satelit.

Penelitian ini diungkapkan juga memiliki kerja sama dengan beberapa mitra internasional. "Kami bekerjasama dengan beberapa mitra internasional dalam penelitian ini dan beberapa penelitian lainnya," pungkas Clara Yono Yatini seperti dilansir oleh Merdeka.com.

(brl/red)