Cara NASA menemukan asteroid baru

Techno.id - Sudah merupakan tugas NASA untuk melindungi bumi dari ancaman-ancaman luar angkasa, salah satunya adalah asteroid. Nah, untuk melindungi bumi, salah satu cara yang dilakukan NASA adalah mengajak warga yang ada di bumi, termasuk Anda untuk ikut serta dalam misi menemukan asteroid yang berpotensi mengancam bumi.

Seperti yang dilansir oleh Prnewswire.com (15/03/15), baru-baru ini NASA meluncurkan aplikasi yang berbasis pada algoritma yang dapat mendeteksi asteroid baru. Apalagi aplikasi ini diciptakan bukan untuk ilmuwan NASA sendiri, namun untuk Anda yang suka dengan dunia sains serta dunia astronomi.

Aplikasi dekstop ini adalah hasil dari kontes NASA yang telah diselenggarakan bulan Desember 2014 lalu. Kontes tersebut menawarkan hadiah sebesar Rp 728 juta dan bekerjasama dengan Planetary Resource Inc, perusahaan yang memang bergerak di bidang penambangan asteroid.

Aplikasi ini memiliki cara kerja yang sederhana yaitu untuk menganalisa gambar langit yang Anda ambil menggunakan teleskop. Setelah itu, aplikasi ini akan menganalisa gambar untuk mendeteksi asteroid baru dan ancamannya. Jika aplikasi ini mendeteksi asteroid baru, maka Anda dapat melaporkan data yang Anda ambil untuk ditindak lanjuti oleh pihak terkait.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu menggunakan komputer super canggih seperti milik NASA. Anda hanya membutuhkan komputer dasar yang biasa Anda gunakan sehari-hari.

Dengan aplikasi ini, setidaknya Anda dapat berpartisipasi secara heroik untuk menyelamatkan bumi dari ancaman asteroid. Mirip seperti film yang rilis tahun 1998 lalu, Armageddon, namun versi yang 'aman' untuk menyelamatkan bumi.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengunduhnya langsung di website Topcoder.com.