Atasi gejala skizofrenia, ilmuwan Inggris ciptakan sebuah aplikasi

Atasi gejala skizofrenia, ilmuwan Inggris ciptakan sebuah aplikasi

Techno.id - Untuk mengatasi gejala psikotik yang terjadi pada pasien skizofrenia, ilmuwan asal University of Cambridge, Inggris baru-baru ini merancang sebuah aplikasi games. Aplikasi yang diberi nama Wizard tersebut kabarnya dapat membantu memaksimalkan terapi terhadap masalah gangguan memori episodik (memori masa lalu) yang biasa dialami oleh penderita gangguan mental tersebut.

Dikutip dari Softpedia (3/8/15), aplikasi ini mengajak para pasien skizofrenia untuk meningkatkan memori episodik-nya dengan beberapa permainan sederhana. Para pasien diajak untuk menyelesaikan setiap bagian permainan berupa narasi dengan memilih nama serta karakter mereka sendiri. Setelah itu, pasien bakal diajak untuk memecahkan berbagai tugas lanjutan untuk merangsang memori episodik, memori yang paling rentan terserang gangguan skizofrenia, kembali aktif dan bekerja sesuai porsinya.

Dalam uji coba penelitian, 22 subjek yang menderita skizofrenia diminta untuk bermain games dengan total waktu 8 jam selama 4 minggu berturut-turut. Setelah 4 minggu masa uji coba, para subjek menunjukkan adanya peningkatan grafik memori episodik-nya. Selain itu, subjek penelitian juga mengungkapkan bahwa games Wizard yang mereka mainkan tidak terlalu membosankan, malah cenderung menyenangkan bahkan ketika mereka harus menyelesaikan selama 8 jam tanpa henti.

Ke depannya, Barbara Sahakian, anggota peneliti aplikasi games Wizard ini mengungkapkan rencana untuk melibatkan kelompok besar dalam uji coba. Ia dan tim peneliti lainnya ingin menguji keberhasilan aplikasi ciptaannya dalam jumlah subjek yang lebih besar supaya dapat segera digunakan secara luas untuk membantu memaksimalkan terapi bagi penderita gangguan mental skizofrenia.

(brl/red)