Telah ditemukan obat untuk atasi kecanduan terhadap sabu-sabu

Telah ditemukan obat untuk atasi kecanduan terhadap sabu-sabu

Techno.id - Ketergantungan terhadap metamfetamina alias sabu-sabu dipercaya dapat menyebabkan gangguan kinerja otak terutama memori penggunanya. Sayangnya, hingga saat ini belum ada obat-obatan khusus yang dapat mengobati ketergantungan terhadap salah satu zat terlarang ini.

Namun kini, kabarnya telah ditemukan obat khusus yang dapat membantu memperbaiki memori yang terganggu akibat mengonsumsi sabu-sabu. Seperti dilaporkan oleh Gizmodo (11/8/15), sekelompok peneliti dari Scripps Research Institute di Florida, Amerika baru saja menemukan obat yang dijuluki Blebbistatin atau Blebb.

Blebb dilaporkan bekerja dengan cara memperbaiki bagian otak yang disebut Aktin (bagian yang berfungsi menstabilkan memori otak). Menurut peneliti, bagian tersebut bakal terganggu saat seseorang mengonsumsi sabu-sabu secara berkala, sehingga dapat mengakibatkan buruknya kinerja memori dan menyebabkan kecanduan yang berlebihan terhadap sabu-sabu. Nah, dengan mengonsumsi obat yang terbuat dari molekul Nonmuscle Myosin IIB tersebut, peneliti yakin gangguan memori yang berakibat kecanduan berlebihan dapat diatasi.

Meski sangat menjanjikan, peneliti menegaskan bahwa obat ini masih belum siap untuk diluncurkan kepada masyarakat luas. Pasalnya, masih banyak kandungan-kandungan yang perlu diteliti lebih lanjut. Namun, peneliti yakin jika telah siap nanti obat ini bisa mengatasi kecanduan terhadap zat psikoaktif tersebut dalam jangka waktu hanya 30 hari saja.

(brl/red)