Ilmuwan temukan cara agar baterai bisa bertahan 400 kali lebih lama

Ilmuwan temukan cara agar baterai bisa bertahan 400 kali lebih lama

Techno.id - Diakui atau tidak, hidup masyarakat sedikit bergantung pada kemampuan baterai. Bagaimana tidak, piranti inilah yang menjaga agar gadget dan smart device mereka tetap menyala. namun setelah pemakaian dalam jangka waktu tertentu, kemampuan baterai untuk bertahan lama seperti sedia kala biasanya berkurang.

Bicara soal ketahanan baterai berbahan Lithium, para ilmuwan baru saja menemukan sebuah terobosan, yang akan membuat baterai bertahan lebih lama. Seperti yang telah diberitakan oleh Popular Science pada hari Jumat (22/04/16), para ilmuwan tersebut 'tak sengaja' menemukan cara tersebut.

Ilmuwan temukan cara agar baterai bisa bertahan 400 kali lebih lama

Penampang baterai dengan dan tanpa nanowire
2016 popsci.com/popsci.com

Para peneliti dari UC Irvine tersebut menggunakan nanowire untuk menyimpan energi listrik. Cara tersebut ternyata mampu membuat baterai Lithium bertahan lebih lama, meski telah diisi ulang hingga 200.000 kali dan mampu mereduksi korosi yang terjadi.

Para ilmuwan tersebut bahkan juga belum mengetahui, mengapa bisa terjadi demikian. Awalnya mereka hanya ingin melakukan eksperimen untuk membuat baterai dari elctrolyte gel. Menurut para ilmuwan tersebut, baterai yang berisi cairan seperti baterai Lithium yang banyak dijual di pasaran kurang efektif setelah diisi dalam jangka waktu tertentu, serta rentan saat digunakan pada temperatur ekstrem.

Dengan menggunakan teknologi yang baru saja mereka temukan, baterai akan mampu bertahan hingga 400 kali lebih lama, meski sering diisi ulang. Penggunaan nanowire tersebut juga akan membuat energi listrik bisa tersimpan lebih lama, sehingga tentu saja, akan menambah umur baterai.

(brl/red)