Akhirnya, peneliti konfirmasi ada air di permukaan komet 67P

Akhirnya, peneliti konfirmasi ada air di permukaan komet 67P

Techno.id - Setelah menjadi perdebatan beberapa waktu belakangan, akhirnya peneliti asal European Space Agency (ESA) mengkonfirmasi bahwa es yang nampak di permukaan komet 67P adalah air. Dalam rilisnya, pihak ESA mengungkapkan jika beberapa permukaan komet memang terdiri dari es dalam jumlah yang cukup besar.

Seperti dilansir oleh SlashGear (15/1/16), berkat pengamatan mendalam pesawat misi Rosetta pada tahun 2014 menggunakan VirTis (perangkat inframerah) diketahui jika es banyak ditemukan di bawah kerak komet. ESA yang mengamati secara mendalam hasil bidikan Rosetta itu mengungkap jika es pada komet 67P banyak terdapat pada lapisan di antara bahan organik kering dan gelap.

Uniknya, tak semua wilayah di permukaan komet mengandung lapisan seperti itu. Ya, ESA mengatakan jika lapisan es dalam ukuran yang cukup besar hanya ditemukan pada wilayah imhotep komet.

Selain menemukan wilayah besar yang mengandung es, peneliti dari ESA juga menemukan dua ukuran butir es yang berbeda pada komet. Disebutkan, satu butiran es berukuran 2mm atau lebih dan ukuran butiran lainnya diketahui berpuluh-puluh mikrometer.

Sekadar informasi, peneliti mencatat jika suhu es di permukaan komet 67P itu adalah rata-rata minus130 celcius.

Akhirnya, peneliti konfirmasi ada air di permukaan komet 67P

Penampakan permukaan komet 67P
2016 ESA/ESA

(brl/red)