Ilmuwan kembangkan sistem yang dapat menyerap 99,7 persen suara

Ilmuwan kembangkan sistem yang dapat menyerap 99,7 persen suara

Techno.id - Baru-baru ini peneliti asal Hong Kong University of Science and Technology mengklaim telah mengembangkan sistem yang dapat menyerap suara dengan frekuensi jumlah yang lebih besar. Berdasar laporan dari Gizmodo (15/9/15), sistem baru tersebut mampu menyerap hampir 99,7 persen suara.

Menurut peneliti, selama ini sistem yang ada dilaporkan hanya mampu menyerap suara dengan kapasitas frekuensi lebih kecil atau dengan kata lain rentang suara yang diserap jumlahnya terbatas. Hal ini dikarenakan, selama ini banyak sistem hanya menggunakan isolator sonik untuk menyerap suara.

Oleh karena itu, peneliti berinovasi dengan menggunakan resonator ganda yang sengaja digunakan sebagai lapisan tunggal dan dirancang supaya dapat bergetar secara alami. Uniknya, sebagian besar suara yang diserap bakal di selaraskan frekuensinya oleh resonator sehingga suara yang dikeluarkan bakal lebih alami.

Selain itu, inovasi ini dikabarkan juga mampu mengurangi efek gema maupun bising yang biasa dihasilkan oleh sistem audio. Kabarnya, resonator kedua pada sistem dilaporkan mampu mencocokkan frekuensi yang dihasilkan oleh resonator pertama sehingga efek gema maupun kebisingan yang dihasilkan oleh audio mampu dikurangi hingga 99,7 persen.

Hasil penelitian ini resmi dipublikasikan di jurnal Applied Physic Letters dan kabarnya hasil penelitian bakal segera direalisasikan supaya dapat digunakan di berbagai industri dan berbagai kepentingan, misalnya saja digunakan pada perangkat home theatre maupun pada interior gedung opera maupun gedung konser musik.

(brl/red)