Ilmuwan Amerika kembangkan replika hati manusia

Ilmuwan Amerika kembangkan replika hati manusia

Techno.id - Ilmuwan dari Wake Forest Institute for Regenerative Medicine di North Carolina, Amerika dikabarkan baru saja menemukan replika organ hati manusia. Replika tersebut kabarnya ditujukan untuk pengujian obat-obatan untuk penyakit yang berhubungan dengan organ hati manusia.

Seperti dilaporkan oleh NDTV (14/9/15), replika hati tersebut dirancang menggunakan chip khusus yang meniru aktivitas di dalam hati manusia. Selain itu, replika tersebut juga diproses menggunakan teknik photopatterning sehingga dapat menampilkan konstruksi 3 dimensi dalam sistem mikofluida.

Alexander Skardal, salah satu anggota di tim penelitian ini mengungkapkan bahwa penggunaan teknil photopatterning memungkinkan timnya membuat replika yang realistis dan mendekati aslinya. Pembuatan replika yang semirip mungkin ini kabarnya akan membuat pengujian obat-obatan untuk sejumlah penyakit yang berhubungan dengan hati menjadi lebih mudah.

"Bayangkan saja dengan adanya replika ini, kini pihak medis bisa menguji efektivitas dan efek samping dari suatu pengobatan tanpa membahayakan pasien," tulis Skardal dalam artikel yang dipublikasi melalui Jurnal Biofabrication tersebut.

Saat ini replika tersebut masih dalam tahap pengerjaan. Diharapkan, replika organ hati manusia ini bisa segera terwujud sehingga memudahkan penelitian di bidang medis terutama yang berhubungan dengan penyakit di organ hati manusia.

(brl/red)