NASA: Pluto ternyata lebih besar dari dugaan selama ini

NASA: Pluto ternyata lebih besar dari dugaan selama ini

Techno.id - Misi New Horizon milik NASA atau badan antariksa Amerika akhirnya berhasil menangkap gambar planet terjauh dari tatanan galaksi Bima Sakti, Pluto. Dalam misi tersebut, akhirnya dapat diperkirakan bahwa ukuran dari Pluto sebenarnya tak sekecil yang diperkirakan selama ini.

Dikutip dari laman resmi NASA (13/7/15), dari citra yang diperoleh dengan Long Range Reconnaissance Imager alias Lorri diketahui bahwa ukuran diameter Pluto ternyata mencapai angka 2.370 kilometer. Dengan adanya gambaran ini, maka perdebatan yang terjadi selama ini mengenai ukuran Pluto mulai menemui titik temu.

NASA: Pluto ternyata lebih besar dari dugaan selama ini

Perbandingan planet Pluto dan Bumi 2015 NASA

"Ukuran Pluto telah diperdebatkan sejak penemuannya pada 1930. Kami sangat senang pertanyaan untuk ukuran planet tersebut akhirnya bisa terjawab juga," ungkap Bill McKinton, ilmuwan dari Washington University, St. Loius yang juga anggota peneliti dalam misi ini.

Selain meneliti Pluto, misi yang menempuh perjalanan selama 9 tahun lamanya ini juga meneliti lima satelit dari Pluto, yakni Charon, Styx, Nix, Kerberos, dan Hydra. Dalam rilis yang dilakukan oleh NASA pada Senin, 22 Juli lalu ditemukan bahwa Charon memiliki ukuran 1.208 kilometer, tepat seperti perkiraan sebelumnya. Sementara Nix diperkirakan memiliki ukuran sekitar 35 kilometer, Hydra 45 kilometer, Kerberos dan Hydra memiliki ukuran yang jauh lebih kecil.

Rabu, 15 Juli 2015 nanti kabarnya misi New Horizon kabarnya akan semakin dekat dengan permukaan Pluto untuk mengekplorasi keadaan permukaan dari planet tersebut.

NASA: Pluto ternyata lebih besar dari dugaan selama ini

Permukaan Pluto pada 11 Juli 2015 NASA

(brl/red)