Di masa yang akan datang, tulang rusak bisa sembuhkan dirinya sendiri

Di masa yang akan datang, tulang rusak bisa sembuhkan dirinya sendiri

Techno.id - Kerusakan tulang memang bisa menimpa siapa saja tanpa terkecuali. Untuk mengobatinya, dibutuhkan banyak vitamin atau zat Kalsium. Namun jika terlalu banyak mengkonsumsi Kalsium, justru penyakit lain yang bakal muncul, terutama bagi mereka yang sudah berusia lanjut.

Kabar baik pun datang bagi mereka yang memiliki masalah dengan tulang. Seperti yang telah diberitakan oleh Gizmag pada hari Kamis (14/01/16) lalu, para ilmuwan dari University of Michigan telah menemukan cara baru untuk memperbaiki tulang yang rusak.

Para ilmuwan tersebut telah berhasil mengembangkan teknologi polymer nano-shells yang bertugas mengirimkan molekul microRNA. Dengan metode ini, tulang yang rusak akan kembali normal dengan sendirinya.

Di masa yang akan datang, tulang rusak bisa sembuhkan dirinya sendiri

Cara kerja molekul microRNA
2016 gizmag.com/gizmag.com

Studi yang dilakukan sejak tahun 2011 lalu ini mengadaptasi teknologi nano fiber yang membuat tulang bisa menyembuhkan sendiri kerusakan yang dideritanya tanpa bantuan obat-obatan yang tentu memiliki efek samping.

Pada intinya, molekul tersebut akan berjalan menuju sel tulang yang rusak, dan mengobatinya dengan cara membangun kembali jaringan yang rusak, serta menyembuhkan dan membangun kembali mekanismenya seperti sedia kala.

Metode tersebut telah diuji coba dan dipraktekkan di laboratorium osteoporosis, dan terbukti mampu menyembuhkan kerusakan tulang dengan baik. Harapannya, di masa yang akan datang teknologi ini juga bisa diterapkan untuk menyembuhkan kerusakan pada gigi.

(brl/red)