CONNECT WITH US
Erick |
 11 Januari 2016 20:00

Tak dibekali flush, kloset ini justru bisa hasilkan air bersih

Tak hanya bisa menghasilkan air bersih, kloset pintar ini juga bisa menghasilkan energi yang berguna untuk mengisi daya ponsel Anda.

Tak dibekali flush, kloset ini justru bisa hasilkan air bersih

Techno.id - Umumnya, sebuah kloset pasti dilengkapi dengan flush, yang berguna untuk menyiram kotoran dan membuat airnya jernih kembali, serta tentu saja, menghilangkan bau yang tidak sedap. Namun kloset yang satu ini sangat berbeda dengan yang biasa Anda kenal karena tak membutuhkan air.

Uniknya, kloset tersebut justru bisa mengubah kotoran yang masuk ke dalamnya menjadi energi listrik serta air bersih. Seperti yang telah diberitakan oleh Gizmag pada hari Jumat (01/01/16) lalu, kloset pintar ini didesain oleh para ilmuwan di Cranfield University, Inggris.

Keajaiban terjadi sejak pengguna menutup kloset setelah menggunakannya. Ketika ditutup, mekanisme yang ada di dalamnya akan memutar bagian dalam kloset sejauh 180o. Dengan demikian, kotoran yang ada di dalamnya akan tumpah dan masuk ke dalam ruang lain yang ada di dalamnya.

Penampang kloset Nano Membrane
© 2016 gizmag.com/Cranfield University

Sementara permukaan kloset tersebut dibersihkan oleh sebuah mekanisme lain dari dalam, kotoran yang masuk dalam ruang tersebut mulai diproses dengan cepat. Disaring menggunakan membran nanotech, molekul dalam kotoran tersebut dipisahkan, lalu diolah menjadi air bersih.

Setelah diteliti, kandungan air tersebut ternyata cukup bersih dan aman ketika dipakai untuk mencuci peralatan rumah tangga, atau bahkan untuk menyiram tanaman. Bagaimana dengan molekul lain yang tak bisa menjadi air?

SIsa kotoran yang telah dipisahkan molekulnya tersebut ternyata bisa diubah menjadi energi, yang tentu saja berguna sebagai sumber listrik kloset pintar ini, atau pengguna juga bisa menggunakannya untuk mengisi daya ponsel dan beberapa gadget kecil lainnya.

Rencananya, tahun ini kloset pintar tersebut akan diuji coba di Ghana, di mana masih terdapat banyak orang yang tidak bisa mendapatkan air bersih, serta tidak memiliki toilet yang layak. Untuk lebih jelasnya, simak saja video berikut...

 

WHAT TO READ NEXT ?