Arkeolog temukan hewan terbesar yang pernah ada di bumi

Techno.id - Jika Anda ditanya, dinosaurus apa yang memiliki ukuran tubuh terbesar, kira-kira apa jawaban Anda? Tyranosaurus? Atau Brontosaurus? Well, ternyata sebuah spesies telah ditemukan oleh para arkeolog baru-baru ini.

Seperti yang telah diberitakan oleh Ars Technica pada hari Jumat (15/01/16), spesies baru tersebut bernama Titanosaurus. Para arkeolog tersebut telah berhasil menemukan tulang belulangnya kemudian merakitnya menjadi satu. Mereka juga telah menemukan telur Titanosaurus yang sebesar bola voli.

Menurut para ilmuwan tersebut, Titanosaurus mampu tumbuh berkembang dengan sangat cepat. Ukuran tubuhnya pun luar biasa besar. Sesuai dengan namanya (Titan), Titanosaurus dewasa bisa memiliki ukuran tubuh sepanjang 37 meter dan berat yang diperkirakan mampu mencapai 63 ton!

Arkeolog temukan hewan terbesar yang pernah ada di bumi

Tulang belulang Titanosaurus yang telah disatukan
2016 arstechnica.com/arstechnica.com

Tulang-tulang yang berjumlah 200 buah tersebut telah disatukan, dan tampaklah wujud Titanosaurus. Jika disatukan, tulang-tulangnya saja memiliki bobot seberat 500kg. Lalu, apakah spesies yang satu ini masuk dalam kategori predator?

Jika dilihat dari susunan gigi, Titanosaurus nampak bagaikan karnivora. Namun ternyata gigi-gigi menyeramkan tersebut tidaklah tajam. Titanosaurus masuk dalam kategori herbivora meski secara fisik ia terlihat bagai seekor predator yang sangat berbahaya.

Well, tentu saja temuan baru ini akan menambah jumlah spesies purbakala yang tentu saja, juga akan menambah pengetahuan para generasi penerus di masa yang akan datang.