CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 14 Januari 2016 20:00

Anak usia 2 tahun mahir main tablet, bahaya atau tidak?

Menurut para peneliti, penggunaan tablet justru dapat membantu perkembangan anak-anak.

Anak usia 2 tahun mahir main tablet, bahaya atau tidak?

Techno.id - Penggunaan gadget sudah tak mengenal usia lagi. Bila seharusnya perangkat gadget seperti tablet digunakan oleh orang-orang dewasa, namun kini tablet juga telah dimainkan oleh anak-anak. Sebagaimana yang dilansir oleh PhoneArena (13/01/2016), terdapat penelitian dari Irlandia yang mengungkap bahwa anak-anak berusia 2 tahun sudah mahir memainkan tablet.

Penelitian yang dilakukan ole Deirdre Murray di Universitas Irlandia ini berhasil menyimpulkan bahwa anak-anak usia 2 tahun banyak yang bisa membuka dan menavigasi layar tablet dengan mudah. Lalu, pertanyaannya sekarang, bahayakah penggunaan tablet yang dikonsumsi oleh anak-anak tersebut?

Dr. Larry Rosen dari California State University menjawab pertanyaan tadi dengan sebuah studi yang menunjukkan bahwa perangkat smartphone dan tablet di kalangan anak-anak akan membantu mereka menumbuhkembangkan kemampuan komunikasi, apalagi untuk anak-anak dengan gangguan kognitif (perkembangan) tertentu.

Dari tablet yang digenggamnya setiap hari, anak-anak dapat belajar dan bersenang-senang. Teknologi layar sentuh pada tablet akan mendidik dan menghibur anak-anak. Namun, di dalam tablet juga harus disematkan beberapa aplikasi pendidikan yang bisa dipantau oleh orang tua.

Larry Rosen juga menegaskan, "Orang tua yang membiarkan anak-anak menggunakan perangkat mobile harus memastikan bahwa anak-anak harus diberi batasan waktu saat bermain tablet. Selain itu, para orang tua tidak perlu memperkenalkan anaknya dengan media sosial tapi harus mempromosikan aplikasi pendidikan kepada anak-anak."

WHAT TO READ NEXT ?