CONNECT WITH US
Erick |
 26 Februari 2016 19:00

Arduino, printer yang mampu cetak gambar dari tetesan kopi

Meski angka resolusinya kecil, namun printer ini terbukti mampu mencetak gambar dalam ukuran besar.

Arduino, printer yang mampu cetak gambar dari tetesan kopi

Techno.id - Jika bicara soal printer konvensional, yang ada dalam benak adalah piranti yang bisa mencetak tulisan atau pun gambar menggunakan tinta. Pernahkah terpikir, bahwa sebuah printer mampu mencetak sebuah foto menggunakan kopi sebagai pengganti tinta?

Sedikit berbeda dengan printer kebanyakan, piranti yang satu ini mampu mencetak gambar dalam ukuran ekstra besar hanya dari tetesan kopi. Seperti yang telah diberitakan oleh Makezine pada hari Kamis (25/02/16), Ted Kinsman, RIT Assistant Professor yang juga terlibat dalam proyek ini pun menyampaikan pendapatnya.

Cara kerja Arduino
© 2016 makezine.com/makezine.com

"Sudah bertahun-tahun aku memimpikan sebuah mesin yang bisa menggambar untukku," ujarnya. "Karena aku adalah peminum kopi, maka kupikir hal tersebut merupakan media yang sangat tepat untuk bermain," lanjut Ted kemudian.

Ia juga menjelaskan bahwa mesin yang sedang dikembangkannya mampu bereksperimen dengan ketinggian tetesan, ukuran, campuran bahan baku, jarak dari setiap tetesan, dan terlebih lagi, media yang digunakan. Piranti yang bernama Arduino ini mampu menghasilkan gambar berukuran 80 x 100 pixel.

Meski angka resolusinya kecil, namun piranti ini terbukti mampu mencetak dalam ukuran besar dan hasilnya cukup jelas untuk mata manusia dalam mengenali wajah. Di masa yang akan datang, tak menutup kemungkinan printer ini bakal berguna untuk mencetak gambar di atas material lain seperti acrylic, atau bahkan makanan.

Cara kerja Arduino
© 2016 makezine.com/makezine.com

 

WHAT TO READ NEXT ?