CONNECT WITH US
Erick |
 18 April 2016 05:00

Apa pengaruh musik pada otak pendengarnya?

Para ilmuwan telah meneliti sejauh mana pengaruh musik pada otak, dan juga kepribadian pendengarnya.

Apa pengaruh musik pada otak pendengarnya?

Techno.id - Mendengarkan musik memang merupakan kebutuhan banyak orang. Jika dibedakan dari genre, terlalu banyak untuk disebutkan. Namun pada dasarnya, setiap musik mempunyai roots masing-masing. Dan tentu saja, setiap jenis musik membawa pengaruh yang berbeda pada otak manusia.

Seperti yang telah dilansir oleh Fast Company, para ilmuwan telah meneliti, apa pengaruh musik terhadap otak manusia. Hasil dari penelitian mendalam tersebut telah melahirkan sebuah hipotesa, yang bisa Anda simak berikut:

Musik sedih / gembira
Tak hanya perasaan, otak manusia juga memberikan respon yang berbeda saat mendengarkan musik gembira atau sedih. Pengaruh paling tampak adalah pada ekspresi sesaat setelah mendengarkannya. Beberapa orang akan segera menginterpretasikan musik yang telah mereka dengar sebagai perasaan sedih atau gembira, sama seperti musik yang sedang didengar.

Ilustrasi musik
© 2016 support.apple.com/support.apple.com

Ambient Noise bisa meningkatkan kreatifitas
Beberapa orang merasa bahwa meningkatkan tempo musik yang sedang didengarnya dapat memberikan kekuatan lebih saat mengerjakan banyak tugas dan pekerjaan sehari-hari. Para ilmuwan tersebut juga menemukan bahwa musik dengan tempo moderate adalah pilihan terbaik untuk memacu kreatifitas.

Pilihan musik bisa memprediksi kepribadian seseorang
Khusus yang satu ini, para ilmuwan baru mengujinya pada mereka yang berada pada kelompok umur remaja hingga dewasa saja. Penelitian pada tahap inilah yang kemudian meembuat para ilmuwan tersebut bisa memilah musik dari setiap genre, dan apa pengaruhnya pada otak secara lebih mendalam.

Ingin tahu lebih jauh tentang genre musik dan pengaruhnya pada para pendengarnya? Simak halaman berikut >>

WHAT TO READ NEXT ?